Lidah Rakyat, Menghadirkan Kopi Ijo Tulungagung di Jogja

Home / Coffee / Lidah Rakyat, Menghadirkan Kopi Ijo Tulungagung di Jogja

Bagi para pecinta kopi, kopi ijo Tulungagung bukan hal yang asing lagi. Kopi dari Tulungagung, Jawa Timur, ini memang memiliki cita rasa yang khas. Kopi ini disangrai dengan menggunakan cara tradisional memanfaatkan tungku dan kayu bakar sehingga memiliki taste yang unik. Dalam proses menyangrainya, kopi ini di-mix dengan kacang hijau sehingga warnanya menjadi hitam agak kehijauan. Karena proses pembuatan yang tradisional tersebut, rasa yang dihasilkan menjadi berbeda dengan kopi jenis lainnya. Rasanya unik, ada semacam asin, manis, dan ada sedikit langu.

kopi ijo tulungagung di jogja

Kopi ijo Tulungagung termasuk dalam jenis kopi Robusta. Kopi Ijo ini khas dari daerah kauman di Tulungagung. Akan tetapi karena animo masyarakat akan kopi ini meningkat, maka sekarang banyak sekali masyarakat di Tulungagung yang akhirnya membuka kedai-kedai kopi ijo.

Untuk menikmati kopi ijo original maka cukup kopi ijo di-mix dengan gula pasir, namun jika ingin taste yang lebih asik lagi disarankan hanya menggunakan kopi ijo di-mix dg susu kaleng putih tanpa harus pakai gula. Di situ akan muncul taste rasa manis dr susunya, yg akan membuat kopi ijo semakin nendang dan laziz dilidah. Dalam penyajiannya, kopi ijo di Tulungagung disajikan dengan posisi gelas tertelungkup layaknya kedai-kedai kopi Aceh. Penyajian semacam ini agar ada nuansa unik dan asik namun tetap bersahaja.

Bagi Anda penikmat kopi khususnya kopi ijo maupun bagi Anda yang penasaran dengan cita rasa khas kopi ijo, berdomisili di Jogja atau berkesempatan ke Jogja, kini kopi ijo Tulungagung hadir di Jogja. Kafe Lidah Rakyat menghadirkan kopi ijo sebagai menu primadona di samping jenis kopi maupun minuman lainnya. Anda dapat memesan kopi ijo dalam ukuran cangkir kecil atau pun dalam gelas ukuran tanggung, baik dengan susu maupun tidak. Mari kita menikmati kopi dalam kesahajaan.

10 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *